11.880 Kg CO2 Emisi Karbon Berkurang Gegara PLN Electric Run 2023

Asuransi56 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Kegiatan lari nasional bertajuk PLN Electric Run 2023 yang digelar di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, pada Minggu, 10 Desember 2023, berhasil mengurangi gas emisi karbon hingga 11.880 kilogram CO2.

Diikuti oleh sebanyak 5 ribu peserta, PLN Electric Run 2023 ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu 5K, 10K, dan Half Marathon dengan total hadiah mencapai Rp850 juta.

Titik start PLN Electric Run 2023 berlokasi di Scientia Square, Gading Serpong, dimulai pada pukul 05.00 WIB dengan prosesi flag off dilepas langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, berlari merupakan salah satu langkah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengurangan emisi dapat terjadi karena berlari merupakan mobilitas tanpa emisi, dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. 

Artinya, dengan total jarak yang ditempuh 5 ribu pelari ini mampu mengurangi emisi sekitar 11.880 kg CO2.

“Bisa dibayangkan, berapa emisi yang bisa kita hindari jika kita melakukan mobilitas dengan berlari. Kami bersyukur, event ini disambut baik oleh para pecinta olahraga lari,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan lari ini juga dibarengi dengan bantuan berupa konversi jarak lari dan penghematan BBM yang dikumpulkan pelari menjadi biaya penyambungan listrik baru bagi masyarakat pra sejahtera.

Darmawan berharap, PLN Electric Run dapat membangun kesadaran masyarakat, khususnya para pelari untuk ikut serta menjaga bumi melalui upaya mengurangi emisi karbon. 

Hal ini guna mewujudkan komitmen PLN untuk menekan emisi karbon demi mencapai target Net Zero Emissions pada 2060 atau bahkan lebih cepat. 

Baca Juga  Wuih, Piala Dunia U-17 di Indonesia Tanpa Mati Listrik 

“Ini adalah spirit yang baru, tentu saja ini adalah awal yang baik PLN Electric Run 2023 akan diikuti PLN Electric Run 2024, 2025 dan tentu saja skalanya akan menjadi lebih besar lagi,” tukasnya.

Adapun juara 1 kategori Male Nasional Half Marathon dimenangkan oleh Rikki Marthin, juara 1 kategori Female Nasional Half Marathon oleh Odekta Elvina Naibaho.

Lalu, Syamsuddin Massa tampil menjadi juara Male Nasional kategori 10 kilometer, sementara Asnida Aras juara di kategori Female Nasional. 

Sedangkan, untuk kategori 5 kilometer, Immanuel P. Hutasoit keluar sebagai juara Male Nasional dan Novita Andriyani menjadi juara Female Nasional. 

Di akhir acara, para pelari dihibur dengan penampilan musisi papan atas Maliq & D’essentials.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *