Bayar Retribusi Sampah Secara Online, DLH Kota Tangerang Kenalkan Aplikasi SIRITASE

Asuransi43 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Dalam upaya meningkatkan potensi pendapatan daerah sekaligus mempermudah masyarakat dalam hal retribusi pelayanan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang memperkenalkan Aplikasi SIRITASE.

SIRITASE merupakan sistem informasi retribusi sampah secara elektronik. Aplikasi ini akan diterapkan pada Januari 2024. Implementasi SIRITASE akan memberikan banyak manfaat terhadap pengelolaan retribusi sampah di Kota Tangerang. Diantaranya; operasional akan jauh lebih efisien sehingga dapat mempercepat pengolahan data, dan mengurangi risiko kesalahan. 

Selain itu, SIRITASE memberikan transparansi yang lebih besar kepada warga dan pihak terkait dalam pemungutan retribusi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat tetapi juga memberikan visibilitas dalam penggunaan dana yang diterima.

Penerapan SIRITASE juga berdampak positif pada peningkatan pendapatan daerah. Dengan mengoptimalkan proses pemungutan, sistem elektronik membantu meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pengelolaan sampah. 

Melalui elektronifikasi transaksi, pembayaran retribusi sampah menjadi lebih mudah dengan berbagai opsi pembayaran elektronik.

Pembayaran retribusi sampah tersebut dapat melalui transfer bank, QRIS, dan Virtual Account yang terintegrasi dengan sistem BJB, sehingga SIRITASE bakal membawa transformasi positif dalam manajemen pengelolaan sampah daerah.

Tak hanya itu, pengelolaan data yang efisien memudahkan analisis data untuk perencanaan dan evaluasi. Sistem ini mencatat pendapatan retribusi sampah perbulan dan pertahun, memberikan landasan data yang kuat untuk pengambilan keputusan.

Adapun penandatangan SKRD secara digital dan keamanan yang kuat dalam sistem elektronik dapat melindungi data dari potensi kebocoran atau manipulasi. 

Secara keseluruhan, penggunaan sistem informasi pemungutan retribusi sampah secara elektronik diharapkan bukan hanya meningkatkan efisiensi saja. Tetapi juga menciptakan landasan yang kokoh untuk transparansi dan akurasi dalam manajemen pengelolaan sampah daerah.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Ngaku Bisa Obati Stroke, Kakek 60 Tahun di Rajeg Tangerang Malah Perkosa Wanita Selama 5 Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *