Jelang Tahun Baru, Harga Cabai di Kabupaten Tangerang Tembus Rp100 Ribu Per Kg

Asuransi94 Dilihat

TANGERANGNEWS.com-Menjelang penghujung tahun 2023, harga cabai melejit tinggi hingga tembus di angka Rp100 ribu per kilogram nya.

Kenaikan harga yang meroket itu terjadi di berapa wilayah Kabupaten Tangerang, imbas dari efek kemarau panjang yang terjadi di Indonesia.

Pedagang Pasar Tradisional Tigaraksa Udin mengatakan harga cabai di tempanya mencapai Rp100 ribu per Kg.

“Ini juga imbas dari kemarau panjang. Mudah-mudahan dengan situasi yang saat ini sudah mulai turunnya hujan, harga cabai bisa stabil turun,” kata Udin. Selasa, 4 November 2023.

Sementara di Pasar Tradisional Cisoka harga cabai rawit kini mencapai Rp90 ribu per Kg. Harga cabai naik berkali-kali lipat dari harga sebelumnya, pada Oktober yang hanya mencapai Rp40-50 ribu saja.

Bahkan, pada September lalu, harga cabai rawit merah berada diangka Rp30 ribu.

“Kini tembus sampai Rp 90 ribu, itu cuma di Pasar Cisoka,” kata Hamdan, pedagang Pasar Cisoka Hamdan.

Dia menduga, harga cabai akan naik lagi sampai angka Rp100 ribu, mengingat Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung hari.

“Kayaknya akibat efek kemarau panjang kemarin. Meski saat ini sudah turun hujan, tapi cabai yang ada produksinya pas kemarau kemarin. Kalau perkiraan saya, harga cabai akan tetap di harga Rp90 ribu sampai Rp100 ribu sampai nanti tahun 2024,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang Arief membenarkan terkait melonjaknya harga cabai di pasar Kabupaten Tangerang. 

Bahkan, kenaikan harga yang signifikan tidak hanya terjadi pada cabai rawit merah saja, tetapi semua jenis cabai.

Arief merinci, cabai yang mengalami kenaikan harga di antaranya cabai rawit merah, cabai merah keriting, cabai merah besar, dan cabai rawit hijau. 

Baca Juga  Gimik Gibran Dianggap Berlebihan, Pendukung di Banten Sebut Itu Gaya Anak Muda

Untuk cabai merah keriting, harga acuan HET Rp37 ribu, kini naik menjadi Rp80 ribu. Lalu cabai merah besar, acuan HET Rp37 ribu, kini naik menjadi Rp70 hingga Rp80 ribu, cabai rawit hijau Rp35 ribu menjadi Rp50-Rp 60 ribu.

“Sebetulnya tidak hanya cabai rawit merah, tapi semua jenis cabai sedang mengalami kenaikan,” pungkasnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *