Pengurus Lasqi Dilantik, Gencarkan Seni Budaya Islam di Tangerang 

Asuransi31 Dilihat

TANGERANGNEWS.com – Pengurus DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kota Tangerang periode 2024-2029 resmi dilantik. 

Pelantikan dilangsungkan di Gedung Kesenian kawasan Modernland, Kota Tangerang, Kamis 22 Februari 2024. 

Hadir menyaksikan Pj Wali Kota Tangerang Nurdin, Kepala Disbudpar Rijal Ridolloh dan mantan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin selaku pembina Lasqi.

Ketua DPD Lasqi Kota Tangerang Sumangku Getar mengatakan, kehadiran Lasqi menjadi media dakwah di Kota Tangerang melalui kesenian dan budaya islami.

“Qasidah itu dakwah yang ditabuh dari alat rebana dengan lantunan syair Islam,” kata Sumangku yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Budpar Kota Tangerang.

Menurutnya, qasidah menjadi kekuatan di tengah kemajuan zaman dengan banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia. 

“Lasqi hadir di Kota Tangerang dalam rangka menyelematkan qasidah sebagai budaya Indonesia,” ujarnya. 

Lasqi Kota Tangerang akan terus melakukan pembinaan kepada para pegiat seni qasidah yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan hingga majelis taklim. 

“Sehingga ke depan kesenian qasidah di Kota Tangerang dapat menyabet juara di tingkat nasional,” ujar Sumangku. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Tangerang Nurdin menyampaikan, ada tiga hal dalam qasidah. Pertama qasidah sebagai sarana dakwah, kedua sebagai pelestarian budaya, dan ketiga sebagai aktivitas produktif yang dapat menghasilkan nilai ekonomi. 

“Pengurus yang baru dilantik harus bisa memikirkan tiga hal tadi. Qasidah sebagai dakwah dan seni budaya sebagai identitas masyarakat yang akhlakul karimah. Terakhir qasidah harus bisa mendatangkan pulus lewat kegiatan yang produktif,” ujar Nurdin. 

Sebagai salah satu kesenian budaya islami, kata Nurdin, Pemkot akan mendorong qasidah tampil di ruang publik. 

“Kalau tampilnya di pengajian sudah biasa. Tapi kita bangun ruang publik agar qasidah bisa tampil dan menggema. Saya dukung itu,” ujar Nurdin. 

Baca Juga  Hina Agama hingga Nekat Kencingi Al-Qur'an, Admin Grup Telegram Ditangkap Polres Serang

Menurutnya, Lasqi harus mendatangkan sesuatu melalui kesenian dan budaya islami di Kota Tangerang. Kata dia,hal ini harus diciptakan melalui penampilan qasidah di masyarakat luas.

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *