Rugi Kalau Ketinggalan, Simak 8 Amalan di Malam Nisfu Syakban

Asuransi30 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Nisfu Syakban akan segera tiba, tepatnya pada 15 Sya’ban 1445 Hijriah atau Minggu, 25 Februari 2024. 

Artinya, Malam nisfu Syakban (15 Syakban) sudah masuk pada Sabtu malam Minggu, dan termasuk dalam lima malam yang doanya mustajab, seperti yang disampaikan oleh Nabi, sehingga sayang jika dilewatkan.

Berbicara tentang malam nisfu Syakban, terdapat beberapa amalan dianjurkan oleh para ulama pada malam tersebut. Berikut diantaranya seperti dilansir dari umsu.ac.id.

1. Memperbanyak Salat Sunah

Pada malam Nisfu Syakban, disarankan untuk memperbanyak shalat sunah sebagai kunci utama mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa salat adalah sebaik-baik syariat, dan umat dianjurkan untuk memperbanyaknya.

2. Melakukan Salat Sunah Tasbih

Salat Sunah Tasbih, dengan empat rakaat yang masing-masing diisi dengan membaca tasbih sebanyak 75 kali, diharapkan membawa pengampunan dari Allah SWT. 

Amalan ini menekankan pada aspek spiritual dan ketaatan kepada Tuhan.

3. Salat Sunah Awwabin

Salat Sunah Awwabin, terdiri dari enam rakaat setelah shalat Maghrib dan sebelum Isya’, diharapkan membawa keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. 

Amalan ini menunjukkan pentingnya menjalin hubungan spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

4. Membaca Surah Yasin

Membaca Surah Yasin pada malam Nisfu Syakban, sebanyak tiga kali dengan niat yang berbeda pada setiap pembacaan, diharapkan membawa panjang umur, perlindungan, dan kekayaan hati dari Allah SWT. 

5. Membaca Tasbih Nabi Yunus

Dzikir “لا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ” yang diajarkan oleh Nabi Yunus AS, dianjurkan pada malam Nisfu Syakban untuk mendapatkan perlindungan dari bencana dan keselamatan di dunia dan akhirat. .

Baca Juga  Nasdem Parpol dengan Dana Kampanye Awal Terbanyak di Banten, PBB Terkecil

6. Membaca Ayatul Hirsh

Membaca Ayatul Hirsh (Surah at-Taubah Ayat 128-129) sebanyak 500 kali merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syakban. Amalan ini diharapkan dapat menjauhkan dari pertanyaan malaikat di alam kubur.

7. Memperbanyak Doa dan Selawat Nabi

  Selain melakukan amalan-amalan di atas, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa dan selawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Berdoa dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, kesehatan, perlindungan, dan keberkahan dalam hidup merupakan bentuk ketaatan dan kerendahan hati di hadapan Allah.

8. Berpuasa pada Siang Hari

Selain amalan di malamnya, sangat dianjurkan berpuasa pada siang hari malam Nisfu Syakban. Dengan berpuasa, diharapkan mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Tuhan.

Semoga dengan melaksanakan amalan-amalan di atas dengan ikhlas dan penuh keimanan, kita dapat meraih keberkahan, ampunan, dan rahmat dari Allah SWT pada malam Nisfu Syakban.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *