Tokoh Cina Benteng Tangerang Diganjar Penghargaan dari Kemdikbudristek 

Asuransi92 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2023 kepada tokoh Cina Benteng di Kota Tangerang.

Oey Tjin Eng, pengurus Klenteng Boen Tek Bio Pasar Lama Tangerang meraih penghargaan kategori pelestari untuk individu atas dedikasinya yang telah melestarikan tradisi dan budaya Cina Benteng.

“Terharu, karena sekian lama baru dapat apresiasi, terharu selama saya belajar itu tidak percuma dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah,” ujar Oey Tjin Eng Senin, 13 November 2023.

Sebelumnya, Oey Tjin Eng telah mengirimkan profil yang berisikan kegiatannya sebagai pelestari Cina Benteng, serta sejarah ke Kemdikbudristek.

Pria yang sudah mengabdi selama 15 tahun sebagai pengurus di Klenteng Boen Tek Bio ini kerap menerima kunjungan dari kalangan akademisi seperti pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat yang ingin mengetahui sejarah dan Cina Benteng.

Terdapat kurang lebih 500 kunjungan mahasiswa baik dari jenjang S1 hingga S3 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Ada juga mahasiswa Indonesia yang sedang studi di kampus Tiongkok ambil penelitiannya tentang Cina Benteng,” ungkapnya.

Menurutnya, keunikan budaya Tionghoa pada Cina Benteng menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa untuk menjadikannya obyek penelitian.

“Mereka (Cina Benteng) tidak bisa bahasa mandarin seperti saya tetapi budayanya tetap bertahan,” katanya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  KPU Kota Tangerang Mulai Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *