Trafik Data Diprediksi Melonjak 13 Persen saat Libur Nataru 2024, Telkomsel Optimalkan 233 Ribu BTS

Asuransi45 Dilihat

TANGERANGNEWS.com-Menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Telkomsel menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan melalui kesiapan infrastruktur jaringan broadband terdepan dan terluas.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan data trafik broadband yang diproyeksikan mencapai 13% dibandingkan dengan hari biasa, atau 10,8% dibandingkan dengan periode Nataru sebelumnya.

Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 55,2 Petabyte, dan didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 15,6%, video streaming sebanyak 9,7%, layanan komunikasi sebanyak 31,9%, online gaming sebanyak 20,6%, hingga e-commerce sebanyak 19,1%.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Nataru dengan penuh sukacita, melalui kesiapan jaringan broadband, ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama.

“Terinspirasi oleh semangat bhinneka tunggal ika, kami terus berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan, dan menyalakan semangat berbagi harapan dengan #SemarakSemangat di momen selebrasi NARU kali ini,’ ujarnya, Rabu 6 Desember 2023.

 

Kesiapan Jaringan Broadband Terdepan dan Terluas dengan Lebih dari 233 Ribu BTS

VP Global Network Operations Galumbang Pasaribu mengatakan untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode Nataru ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus.

“Jumlah ini terdiri dari terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah,” katanya.

Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Baca Juga  Jokowi KW Asal Tangerang Ikut Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK

“Sehingga menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi,” jelas Pasaribu.

Sementara untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps.

Adapu guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia.

“Teknologi ini memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis,” ujar Pasaribu.

Selama periode 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Telkomsel terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau pergerakan trafik broadband melalui 15 Posko Siaga Jaringan, yang di antaranya termasuk posko bersama TelkomGroup dan mitra.

Di samping itu, Telkomsel pun telah mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan oleh hingga 347 tipe smartphone dari 14 brand.

 

Ketersediaan Produk Bernilai Tambah dengan Puluhan Promo

Telkomsel juga menghadirkan ragam produk dan layanan bernilai tambah yang dapat diakses oleh pelanggan di berbagai titik layanan yang tersedia.

SVP Consumer Business Operations-Gilang Prasetya menyebutkan promo tersebut mulai dari Movie Voucher untuk upgrade ke paket Halo+ 250k, bebas berlangganan OTT favorit bagi pelanggan Halo+.

Kemudian, tambahan Kuota Apresiasi bagi pelanggan setia Halo+, hingga kuota besar dan harga yang terjangkau dengan Paket Super Seru, serta Paket khusus Nonton bagi pelanggan Telkomsel PraBayar.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Kapolres Metro Tangerang Kumpulkan Tokoh Agama dan Masyarakat

“Bagi pelanggan internet rumah, Telkomsel menghadirkan modem wi-fi paling terjangkau Orbit Star G1 seharga Rp399 ribu dan mengadakan program promo khusus untuk pembelian paket JITU 1 dari IndiHome,” bebernya.

Adapun pelanggan setia Telkomsel juga dapat menukar Poin dengan banyak keuntungan di Posko Utama, serta dapat menikmati beragam penawaran spesial seperti ekstra kuota, diskondi banyak merchant favorit, diskon smartphone, donasi, berbagi hadiah Natal dan Tahun Baru.

“Pelanggan pun berkesempatan mendapatkan total 12 iPhone 15 dan ratusan smartphone lainnya, belasan motor hingga 4 mobil Yaris dan grand prize BMW 320i, hanya dengan menukarkan mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31 Desember 2023,” tambah Prasetya. 

Untuk kenyamanan pelanggan, 132 Posko Siaga Nataru tersedia di seluruh Indonesia untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games dan live music.

Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging.

Selain itu juga media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 507 GraPARI dan 576 ATM MyGraPARI di seluruh Indonesia, serta lebih dari 302 ribu mitra outlet Telkomsel.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *