6 Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes, Mengapa Termasuk Nasi Putih?

Berita200 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Diabetes masuk daftar 10 penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia. Gangguan kesehatan ini terjadi akibat tingginya kadar gula di aliran darah. 

Pasien diabetes sebaiknya mengetahui apa saja jenis makanan yang tidak perlu dikonsumsi. Guna mencegah kondisi semakin parah dan mencegah kenaikan gula dalam darah. 

Jenis-jenis Pantangan Makanan untuk Pasien Diabetes 

1. Nasi Putih 

Mengutip Ciputra Hospital, nasi putih menjadi pantangan paling umum bagi pasien diabetes. Sebab nasi putih mengandung glukosa yang memicu kenaikan gula darah dengan cepat. 

Umumnya dokter menyarankan mengganti nasi putih dengan nasi merah atau sumber karbohidrat lain. Meski begitu, pasien diabetes masih dibolehkan memakan nasi putih. Namun dengan porsi yang sangat sedikit dan tidak boleh sering. 

2. Berbagai Olahan Tepung 

Pasien diabetes disarankan untuk menghindari berbagai olahan makanan yang terbuat dari tepung. Sebab tepung tinggi glukosa dan karbohidrat yang memicu kenaikan gula darah dengan cepat. 

3. Buah Kering 

Buah kering mengandung gula yang lebih tinggi dibandingkan buah segar. Sebab proses pengeringan mengakibatkan hilangnya kandungan air di dalam buah. 

Iklan

Sebaiknya pasien diabetes mengonsumsi buah-buahan segar yang rendah gula. Supaya gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik. 

4. Makanan yang Mengandung Lemak Trans 

Lemak trans banyak ditemukan dalam margarin, selai kacang, creamers, dan makanan yang diawetkan, sebagaimana mengutip Primaya Hospitals. Lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah. Mereka dianggap meningkatkan peradangan, resistensi insulin dan sindrom metabolik yang menjadi penyebab diabetes. 

5. Sereal Kemasan 

Terlepas dari gizi yang ditawarkan, sebagian besar sereal mengandung lebih banyak karbohidrat. Sereal juga minim protein dan nutrisi, sehingga kurang mampu menjaga stabilitas kadar gula darah

Baca Juga  Join Circle Sultan, Arya Saloka dan Amanda Manopo Collab Bikin Konten Bareng Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, Benarkah?

6. Jajanan Kemasan 

Pasien diabetes dianjurkan menghindari jajanan kemasan sebagai camilan. Sebab, sebagian besar jajanan kemasan tinggi gula, tepung, kalori, dan pengawet. Ini dapat menghambat kinerja insulin dalam tubuh dan meningkatkan kadar gula darah. 

Pilihan Editor: Apa Gunanya Suntik Insulin Bagi Penderita Diabetes?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *