Meta Rilis Kit AI Sumber Terbuka, Bisa Bikin Audio dari Teks

Berita207 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Meta memudahkan artis dan desainer suara untuk menghasilkan audio hanya dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Pemilik Facebook itu telah merilis kit AudioCraft open source yang menggabungkan tiga model AI generatif yang ada untuk membuat suara dari deskripsi teks. “AudioCraft terdiri dari tiga model: MusicGen, AudioGen dan EnCodec,” tulis Meta, Rabu, 2 Agustus 2023.

AudioGen dan MusicGen masing-masing menghasilkan efek suara dan musik, sedangkan EnCodec memampatkan suara untuk menghasilkan output berkualitas lebih tinggi. Seorang musisi atau perancang suara bakal memiliki semua yang mereka butuhkan untuk membuat karya.

Rilis ini mencakup model AudioGen pra-pelatihan bagi mereka yang ingin memulai dengan cepat, dan penguji akan memiliki akses ke seluruh kode AudioCraft dan bobot model.

“Debut sumber terbuka memberi para profesional dan peneliti kesempatan untuk melatih model menggunakan data mereka sendiri,” kata Meta. Semua model pra-pelatihan menggunakan materi publik atau milik Meta, jadi tidak ada kemungkinan sengketa hak cipta.

Perusahaan teknologi itu mencirikan AudioCraft sebagai cara untuk membuat audio AI generatif lebih sederhana dan lebih mudah diakses. Saat gambar dan teks buatan AI menjadi populer, Meta yakin suara telah “sedikit tertinggal”.

Proyek yang ada cenderung rumit dan sering ditutup. Secara teori, kit baru itu memberi pencipta kesempatan untuk membentuk model mereka sendiri dan sebaliknya memperluas apa yang mungkin.

Iklan

Ini bukan satu-satunya AI text-to-audio terbuka di pasaran. Google membuka model MusicLM pada bulan Mei. Sistem Meta juga tidak dirancang untuk pengguna sehari-hari — Anda masih harus secara teknis cenderung menggunakan AudioCraft dengan benar. “Ini lebih untuk penelitian,” kata Meta. Pengembang juga mencoba meningkatkan kinerja dan metode kontrol untuk model ini, memperluas potensinya.

Baca Juga  Uniqlo viral video tiktok

Bahkan dalam kondisi saat ini, AudioCraft mungkin mengisyaratkan masa depan peran AI dalam musik. Meskipun Anda belum tentu melihat artis menggunakan AI untuk sepenuhnya menggantikan kreativitas mereka sendiri, mereka mendapatkan lebih banyak alat yang memungkinkan mereka membuat backing track, sampel, dan elemen lain dengan sedikit usaha.

META | ENGADGET

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *